Home » Blog » Sosialisasi KIM oleh Diskominfo Sanggau

Sosialisasi KIM oleh Diskominfo Sanggau

Sanggau, Aula Bappeda, Kamis 18 Nopember 2021 Semua ketua KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) di kecamatan yang sudah terbentuk kepengurusannya hadir untuk mengikuti pemberdayaan KIM dari Diskominfo. Dalam pemberdayaan ini banyak hal yang disampaikan terkait mudahnya akses informasi secara online maupun digital saat ini.

Ketua KIM desa Subah Timotius bersama Sekretaris Kecamatan Tayan Hilir A.Surgama Sahar, SE., ME.

Garis besar dari pemberdayaan ini adalah KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) bisa menyerap dan menyalurkan informasi, misal kerusakan fasilitas umum KIM bisa menjadi penyerap aspirasi masyarakat yang mana informasi ini diteruskan kepada kepala desa dan tentunya diharapkan KIM menjadi sentral informasi pada wilayah desa setempat.

Adapun kategori informasi yang disebarkan adalah

  1. Informasi Statis (Monografi desa)
  2. Informasi Berkala (Realisasi APBDes)
  3. Informasi Berita Umum (Peristiwa)

Pada pidato pembukaan kegiatan pemberdayaan KIM Joni Irwanto selaku kepala Dinas Kominfo Sanggau juga menyampaikan setiap desa yang sudah mendapat sinyal wajib memiliki website sebagai keterbukaan informasi yang mana pada UUD No. 14 tahun 2008 setiap desa harus memiliki website untuk Keterbukaan Informasi Publik. Hal ini merujuk juga kepada 3 pilar Demokrasi yaitu Transparansi, Akuntable dan Pastisipatif.