Perangkat desa Subah ikut Bimtek peningkatan Kapasitas

Pusaka (Pusat Study dan Peningkatan Kapasitas) mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) untuk perangkat desa sekabupaten Sanggau. Gelombang pertama diikuti oleh 8 kecamatan. Kegiatan ini dilaksanakan karena telah terbitnya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset Desa, diharapkan Pemerintah Desa dapat mengelola dan memanfaatkan asset desa demi mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakatnya berdasarkan asas fungsional, kepastian hukum, transparansi dan keterbukaan, efisiensi, akuntabilitas dan kepastian nilai aset desa. 

Pemerintah melalui Direktorat Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintah Desa telah membangun dan mengembangkan Sistem Pengelolaan aset Desa berbasis aplikasi yang dinamakan Sistem Pengelolaan Aset Desa (SIPADES). SIPADES merupakan Aplikasi Pencatatan Administrasi Pengelolaan Aset Desa mulai dari tahap perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemanfaatan, penatausahaan sampai dengan penyajian laporan.

Sehubungan hal tersebut, maka Pusaka (Pusat Study dan Peningkatan Kapasitas) yaitu lembaga yang terdaftar di Kementerian Dalam Negeri dengan Nomor SKT : 01-00- 00/032/D.IV.1/V/2017 merasa perlu memberikan informasi dan pengetahuan lebih dalam tentang pengelolaan asset desa berbasis aplikasi melalui Bimbingan Teknis, dengan tema: “Pengelolaan Aset Desa Berbasis Aplikasi Sistem Pengelolaan Aset Desa (SIPADES),”

Kegiatan ini diikuti juga oleh perangkat pemerintah desa Subah untuk meningkatkan kapasitas pelayanan. Ikut hadir kades Yulianus Atin, Bu Emiliana sebagai kaur keuangan operator Siskeudes, Bu Herlina sebagai kaur umum operator Sipades, dan sekretaris desa bagi desa yang memiliki sekdes. 

Post Terkait:

Leave a Comment