Home » Blog » Pemdes Subah adakan vaksin massal lagi

Pemdes Subah adakan vaksin massal lagi

Subah, Jumat 19 Nopember 2021. Pemerintah Desa Subah Mengadakan Vaksinasi Masal untuk warga Sekedesaan Subah di dusun Terentang Desa Subah Kecamatan Tayan Hilir Kab Sanggau. Vaksin Masal ini sudah diselenggarakan dua kali oleh pemdes Subah. Adapun jumlah jiwa desa Subah berjumlah 2.327 Jiwa. Persentase warga yang ikut program vaksinasi mencapai 85% sedangkan 15% Balita.

Setelah vaksin pertama, warga desa Subah antusias untuk menyelesaikan vaksinasi yang kedua. Pada vaksin pertama pemdes Subah mendatangkan Nakes dari kecamatan Tayan Hilir. Tetapi, pada jadwal vaksinasi yang kedua warga diarahkan untuk vaksin ke kecamatan.

Tetapi, banyak warga memberi saran kepada Pemdes Subah untuk mendatangkan lagi nakes untuk vaksinasi kedua karena jarak tempuh dari desa Subah ke Tayan Hilir mencapai 35 KM. Untuk mendatangkan nakes dari kecamatan keuangan desa sudah tidak ada anggaran, akhirnya warga berinisiatif dan sepakat memberi kontribusi kepada nakes untuk biaya perjalanan dan konsumsi sebesar Rp 20.000,-/warga melalui pemerintah desa Subah.

Sebagai kepala desa yang partisipatif Yulianus Atin mendatangkan lagi tenaga kesehatan dari Puskesmas Tayan Hilir untuk memfasilitasi vaksinasi yang kedua untuk warga Subah.

Suasana di SMPN No. 07 Tayan Hilir dusun Terentang desa Subah begitu ramai karena warga antri untuk divaksin. Selain warga desa Subah, warga desa Semoncol juga hadir untuk di vaksin yang berasal dari dusun Penyakat, Serinjok dan Sungai Adong. Bagi peserta vaksin pertama dilarang petugas ketika memberi uang kontribusi.

Hadir Perangkat desa Subah, BPD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Satpol PP mengaman ketertiban proses vaksinasi dan memantau warga hadir sesuai prokes Covid-19. Adapun petugas Nakes berjumlah 14 petugas. yaitu:

  1. Martiyah,A.Md Kep
  2. Maryati, A.Md Kep
  3. Dr. Rahayu Maria Santuri
  4. Dr.Agnes Borneo
  5. Elly Fitri Mulyakin.A.Md Kep
  6. Agustiyaningsih,A.Md Kep
  7. Sondang Bernadetta Saragih.A.Md Gizi
  8. Agus Nirbianto,A.Md Kep
  9. Kresna Bayu A.Md Kep
  10. Grace Lauri A.Md Kep
  11. Nasrullah. S Kep Ners
  12. Yulia Andini A.Md Gizi
  13. Yuni Ernawati A.Md Keb
  14. Margareta Lili

Semoga dengan selesainya vaksinasi yang kedua warga sudah tidak cemas untuk travel kemanapun, karena untuk memasuki wilayah tertentu bukti sertifikat vaksin harus ditunjukan sehingga traveller bisa melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan.